.It's okay not to be perfect!.

Kamis, 25 Februari 2010

Komunikasi Dalam Organisasi

1. Apa yang anda ketahui mengenai komunikasi ? Dari ketiga pengertian tentang komunikasi yag dikemukakan oleh Keith Davis, Chester I Barnard maupun Koontz and O’Donnel mana yang cenderung saudara setuju ? Mengapa ?
Jwb : Menurut saya, dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seeseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.
Dari ketiga tokoh tersebut kami memilih : Koontz and O’Donnel karena informasi itu akan berpindah-pindah ke orang lain melalui komunikasi 1 sama lainnya.

2. Apa saja yang menjadi komponen penting agar komunikasi berjalan dengan lancar ?
Jwb : a) Harus ada si pembawa berita atau biasa disebut komunikator (sender).
b) Harus ada si penerima berita atau biasa disebut komunikan (Receiver).
c) Berita atau informasi yang akan disampaikan.

3. Jelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi suatu komunikasi agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik dan berhasil ?
Jwb : Syarat-syarat yang harus dipenuhi :
• Jelas yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima berita.
• Tepat yaitu dalam hal orang yang dituju untuk diberi berita atau informasi yang perlu disampaikan.
• Sasaran yaitu tujun pemberi berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim.

4. Jelaskan perbedaan antara One Way Trafic dan Two Way Traffic. Berikan contohnya !
Jwb : One Way Traffic (komunikasi yang tidak secara langsung) adalah komunikasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi bila seseorang yang mengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik (respon) dari orang yang menerimanya secara langsung. Jadi hanya bermaksud memberikan informasi atau menyampaikan perintah dari atasan untuk dikerjakan karyawan.
Contoh : Acara berita di televisi merupakan contoh dari komunikasi secara tidak langsung karena kita hanya bisa melihat si pembawa berita dan mendengarkan berita – berita apa saja yang dia sampaikan.
Two Way Traffic adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan yang lain dimana kedua orang tersebut sama-sama aktif dalam memberikan tanggapan. Jadi baik komunikator maupun komunikan sama-sama aktif dalm berinteraksi.
Contoh : Biasanya dilakukan diantara sesama teman atau sesama karyawan yang berada alam tingkatan struktur organisasi yang sama.

5. Jelaskan bagaimana cara menghitung jumlah arus tata hubungan yang ada dalam suatu organisasi yang anggotanya selalu bertambah menurut J E Walters ? Berikan contohya ?
Jwb : Rumus yang digunakan adalah : R = N ( N – 1 )
Dimana : R adalah relationship yaitu tata hubungan yang terjadi sebagai akibat bertambahnya jumlah orang yang melakukan komunikasi.
N adalah Number yaitu jumlah yang artinya jumlah orang yang ada dalam organisasi atau jumlah anggota organisasi atau bisa juga jumlah unit kerja dalam organisasi.
Contohnya : R = 4 ( 4 – 1)
= 4 x 3
= 12

6. Jelaskan perbedaan komunikasi langsung dan tidak langsung. Dari kedua komunikasi tersebut mana yang lebih baik ? Mengapa demikian?
Jwb : Komunikasi langsung adalah komunikasi yang dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita (komunikator) kepada si penerima berita (kominikan) dilakukan secara langsung, sehingga kalau si penerima berita melakuakan repon umpan yang baik terjadi juga diterima oleh si pengirim berita juga secara langsung ( pada ssat itu juga ).
Komunikasi tidak langsung adalah komunikasi yang terjadi jika dalam penyampaian berita tidak dilakukan secara langsung, hanya melalui orang lain ataupun secara tertulis. Komunikasi ini mengakibatkan umpan balik yang terjadi juga tertunda.
Yang lebih baik antara komunikasi langsung dan tidak langsung menurut kami yang lebih baik yaitu komunikasi secara langsung karena komunikasi dilakukan secara langsung dan bertatap mata dengan pembicara 1 sama lainnya.

7. Apa manfaat yang bisa diperoleh kalau seorang manajer bisa memanfaatkan “The Grapevine” yang ada pada suatu organisasi ?
Jwb : Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan, komunikasi informal jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas desus yang meresahkan karyawan.

8. Jelaskan sumbangan komunikasi terhadap terciptanya koordinasi dalam suatu organisasi ?
Jwb : Dalam membina kerja sama dalam kelompok inilah yang nantinya digunakan dalam rangka membina koordinasi kesatuan gerak dan arah yang sesuai dengan arah dan tujuan organisasi. Agar tercapai koordinasi dalam kerjasama itu sangat penting dilaksanakannya komunikasi yang setepat-tepatnya dan seefektif mungkin sehingga koordinasi dan kerja sama benar-benar dapat dilaksanakan setepat-tepatnya juga. Pengambilan keputusan juga sangat memerlukan komunikasi yang setepat-tepatnya, karena dalam akhir dari pengambilan keputusan tersebut hendaknya juga merupakan pencerminan dari adanya koordinasi dan kerja sama yang tercipta dalam lingkungan perusahaan atau lingkungan organisasi.

9. Gambarkan hubungan antara komunikasi, bekerja sama dan koordinasi. Apa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengetahui hubungan antara ketiganya tersebut ?
Jwb : Koordinasi adalah bekerja bersama seerat-eratnya dibawah seorang pemimpin dimana dalam kerjasama diperlukan komunikasi demi penyelenggaraan tugas dan fungsi masing-masing dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
Manfaatnya agar tercapai/membentuk koordinasi dalam kerjasama yang baik maka sangat penting dilaksanakan komunikasi antara para anggota organisasi yang setepat-tepatnya dan seefektif mungkin sehingga koordinasi dan kerjasama benar-benar dapat dilaksanakan setepat-tepatnya juga.

10. Apa saja yang anda ketahui tentang hubungan komunikasi dalam sistem informasi manajemen ?
Jwb : Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan dan menyebarkan informasi kepda orang yang tepat dalam suatu organisasi dan organisasi tidak mungkin berada tanpa komunikasi. Jadi komunikasi diperlukan dalam sistem informasi manajemen.

0 komentar: